Caleg PPP, Joko Purwanto Berpeluang Duduk Kembali di DPR RI

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Sejumlah calon petahana anggota DPR RI yang kembali maju sebagai Caleg pada Pileg 2019 ini untuk Dapil Jabar III meliputi Kota Bogor – Kabupaten Cianjur akan tetap bertengger dan berpeluang besar terpilih kembali pada 17 April mendatang.

Berdasarkan hasil survei Y-Publica yang resmi di release Jumat (8/3), Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam siaran persnya mengungkapkan, terhadap elektabilitas Caleg DPR RI Dapil Jabar III, beberapa petahana yang masih kokoh dan berpeluang terpilih kembali diantaranya, Eka Sastra dari Golkar (9,0 persen), Ahmad Riza Patria dari Gerindra (6,4 persen), Diah Pitaloka dari PDIP (5,6 persen), Sjarifuddin Hasan dari Demokrat (4,3 persen), Joko Purwanto dari PPP (3,5 persen), dan Ecky Awal Muharam dari PKS (2,4 persen).

“Caleg petahana lainnya sebagian berpeluang terpilih kembali, sedang sisanya masih harus berjuang mempertahankan kursi,” jelasnya.

Nama Joko Purwanto masih menjadi andalan PPP untuk kembali duduk di kursi DPR RI Dapil Jabar III. Ketua DPC PPP Kota Bogor Zaenul Mutaqin menyambut positif adanya hasil survei Y-Publica tersebut.

Kata Zaenul, tentu hal tersebut sebuah kebanggan bagi PPP karena dengan masuknya peringkat 10 besar, sangat berpotensi Joko Purwanto bisa kembali meraih kursi dan mempertahankan kedudukan PPP di DPR RI.

“Saya menyambut baik hasil survei dari salah satu lembaga survei yang kredibel, dan saya berharap posisi kader PPP di dapil Jabar III ini bisa naik kembali dalam waktu satu bulan kedepan. Sebab hasil survei ini bisa menjadi acuan dan evaluasi untuk tim pemenangan Caleg DPR RI dari PPP ini,” ucap Zaenul.

Pria yang akrab disapa Kang ZM ini menambahkan, peringkat yang sudah diperoleh saat ini masih bisa naik, paling tidak di posisi ke-5 dan hal itu tentunya sangat aman. Namun demikian, ZM mengaku, dirinya tidak berpikir harus mendorong siapa meskipun memiliki koordinasi dengan para caleg DPR RI di dapil Jabar III.

“Yang saya pikirkan adalah bagaimana PPP bisa mempertahankan kursi di dapil ini sehingga tetap ada meskipun, jika bisa menambah kursi itu cukup berat, namun minimal kita bisa bertahan dengan kursi yang ada dari Pemilu ke Pemilu selanjutnya,” jelasnya.

Salah satu tokoh Kota Bogor Joy Pendhita yang juga Ketua AMK Jabar mengapresiasi adanya hasil survei Y-Publica, dimana Caleg PPP Joko Purwanto masih berada di posisi 10 besar. Joy menilai bahwa publik masyarakat Kota Bogor dan Kabupaten Cianjur betul betul obyektif dalam memilih. Kiprah dan kinerja Joko Purwanto selama menjadi anggota DPR RI betul betul sudah dirasakan oleh masyarakat dan juga sudah banyak karya nyata yang dilakukannya bagi masyarakat.

“Pak Joko merupakan Anggota DPR RI yang selalu bekerja pro rakyat dan merealisasikan seluruh aspirasi masyarakat. Sosoknya sangat santun, religius dan cerdas, sehingga masyarakat masih memberikan kepercayaan penuh kepada Pak Joko Purwanto untuk kembali terpilih menjadi anggota DPR RI yang ke dua periode. Semoga hasil ini bisa dipertahankan dan terus ditingkatkan sampai ke pemilihan nanti,” ucapnya.

Selain petahana, para pendatang baru yang memiliki elektabilitas tinggi diantaranya, politisi PDIP Maruarar Sirait (11,5 persen), sekjen PAN Eddy Soeparno (6,5 persen), dan caleg Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Daniel Tumiwa (5,1 persen).

Survei Y-Publica dilakukan pada 21-30 Januari 2019 di dapil Jawa Barat III, yang mencakup Kota Bogor dan Cianjur, dengan alokasi 9 kursi. Jumlah responden sebanyak 800 orang mewakili tiap kecamatan. Sampel dipilih secara acak bertingkat, dengan margin of error 3,5 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

Heri Supriatna 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *