Damkar Kabupaten Bogor Lakukan Simulasi Kebakaran di Gedung Cibinong City Mall

Cibinong Bogor, Lensaonline.com – Kepulan asap membumbung tinggi diatas gedung Cibinong City Mall (CCM). Para pengunjung CCM terlihat berhamburan untuk menyelamatkan diri. Sementara security bergegas menyelamatkan dokumen-dokumen penting di lantai paling atas.

Beberapa korban pun terlihat digotong menggunakan tandu yang sudah tersedia. Kemudian petugas pemadam kebakaran bergegas mengambil selang pemadam dan langsung menyemprotkan ke arah gedung yang terbakar, hingga akhirnya api pun berhasil dipadamkan.

Apa yang diperagakan petugas pemadam kebakaran itu hanyalah sebuah simulasi penyelamatan kebakaran yang terjadi di gedung Cibinong City Mall (CCM), yang berada di Jalan Raya Pemda Cibinong, Kabupaten Bogor.

Sekretaris Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Bogor, Ma’mur mengatakan, bahwa kegiatan yang dilakukan ini merupakan suatu pelatihan terhadap karyawan dan petugas keamanan yang ada di CCM dalam menangani peristiwa kebakaran.

“Kita berikan hal dasar bagaimana cara menangani kebakaran dan juga penyelamatan. Tadi bisa kita lihat petugas kami dan juga petugas yang ada di CCM kompak menyelamatkan pengunjung,” kata Ma’mur disela Simulasi kebakaran di halaman CCM, Rabu (18/4/2018).

Ia menjelaskan, dalam penanganan ini ada beberapa hal penting yang harus diketahui oleh masyarakat, khususnya manajeman dan petugas keamanan CCM. Pertama, bila terjadi kebakaran utamakan untuk menyelamatkan pengunjung mall dengan mengarahkan pengunjung melalui tangga darurat.

Kedua, bila tangga darurat tidak bisa digunakan karena sudah dikepung api, maka pengunjung diarahkan ke lantai yang paling atas dan di sana sudah disiagakan petugas damkar. “Kita siagakan para petugas damkar dibeberapa titik, diantaranya didepan atau halaman mall, kemudian dilantai paling atas. Kita sudah siapkan tali penyelamatan. Jadi, bila terjadi kebakaran didalam mall para pengunjung bisa diarahkan ke tangga darurat atau diarahkan ke lantai paling atas, kita sudah siagakan petugas di sana,” ucapnya.

Masih kata Ma’mur, dalam simulasi penyelamatan ini pihaknya menerjunkan 25 personil dan tiga armada mobil pemadam kebakaran, serta dua mobil komando. “Alhamdulillah simulasi berjalan lancar, petugas keamanan di sini (CCM) begitu semangat dan kompak. Insyaallah kedepan kita akan lakukan simulasi dengan persiapan yang lebih matang,” ujarnya.

Sementara Manageman Service CCM, Hendro Setio mengaku sangat terpukau apa yang diperagakan oleh petugas damkar dan juga petugas keamanan yang ada di CCM ini. Menurutnya, simulasi ini sangat penting dalam menangani bila mana sewaktu-waktu terjadi kebakaran.

“Saya salut, mereka berani semua. Apalagi, saat menyelamatkan pengunjung di lantai paling atas. Mereka begitu sigap dalam menangani kebakaran. Ini simulasi yang pertama, mudah-mudahan di bulan Oktober kita akan melakukan simulasi kembali dengan bekerjasama Dinas Damkar Kabupaten Bogor dan akan dipersiapkan lebih matang lagi,” ucapnya. (Her/Ade).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *