Direktur Ops II PT PP: Pembangunan Tiang Tol BORR Sudah Sesuai SOP

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Direktur Operasi II PT Pembangunan Perumahan (PP), Muhammad Toha Fauji mengatakan, bahwa pembangunan tiang penyangga tol Bogor Outer Ring Road (BORR) Seksi IIIA yang kini runtuh di depan Tamansari Persada Tanah Sareal Kota Bogor, sudah sesuai dengan apa yang disetujui sebelumnya atau sesuai SOP yang disepakati bersama.

“Kalau kita liat dari data yang saya terima dan kita pelajari bahwa kontruksi ini sudah diperiksa oleh semua pihak dan ini sudah amat aman,” katanya di lokasi kejadian, Rabu (10/7/2019).

Ia menjelaskan bahwa insiden ini tidak ada yang ditutup-tutupi, artinya terbuka untuk dilakukan pemeriksaan oleh tim dari Komisi Keamanan Jembatan dan Terowongan Jalan (KKJTJ) Kementerian PUPR.

“Kita sedang menunggu dari KKJTJ kira-kira apa penyebabnya, kita terbuka silakan diperiksa apa penyebabnya. Tapi sampai sekarang belum kita temukan,” ujarnya.

Kemudian, Ia tak berani menduga-duga atas insiden ini, karena pemeriksaan sedang berlangsung. Namun, menurut dia, setelah diperiksa dokumen semuanya sudah memenuhi SOP yang disyaratkan.

Sementara kontraktor yang khusus melakukan pengecoran ini dilakukan oleh petugas yang bekerja di malam hari dan semua pekerja sudah melakukan sesuai aturan.

“Merekakan memang ada shifnya. Jadi memang khusus yang kerja malam tidak kerja siang dan memang ada shif yang kerjanya khusus malam. Jadi mereka bukan kerja dari pagi sampai malam kemudian sampai pagi, ada shif khusus malam. Kita kerjanya berdasarkan peraturan,” ucapnya.

Dia juga menjamin proses pengerjaan ini akan sesuai target yakni bulan Desember. “Saya usahakan tidak, kita akan menambah misalnya ini berhenti tiga hari, kemudian kita akan merubah metode kita atau menata dan sebagainya untuk menetap ke skejul awal yakni bulan Desember,” katanya.

Ia juga mengatakan, atas insiden ini PT Pembangunan Perumahan siap menerima hasil evaluasi pemeriksaan, karena itu sudah sesuai Undang Undang.

“Kita tunggu evaluasi dari KKJTJ, dan Tim internal kita sedang bekerja. Dari hasil temuan itulah akan kita merevisi mereview dan merubah apa hal yang diperlukan. Kami juga siap menerima hasil dari evaluasi pemeriksaan, sesuai undang undang kita siap lakukan,” pungkasnya.

Reporter: Heri Supriatna
Editor: Ade Derry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *