DODY AHDIAT: Pendaftaran Cetak E-KTP Bisa di Kantor Kecamatan

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Bogor, Dody Ahdiat, mengatakan, saat ini layanan pendaftaran pencetakan E-KTP warga Kota Bogor dialihkan ke kantor Kecamatan.

Menurutnya, hal tersebut dilakukan karena jumlah antrian pendaftaran pencetakan warga di kantor Disdukcapil membludak, bahkan jumlahnya cukup banyak hingga ratusan orang setiap hari.

“Sekarang pendaftaran pencetakan E-KTP bisa di kantor kecamatan. Namun, untuk pendistribusiannya dilakukan pihak kelurahan setempat. Jadi, di kantor kecamatan hanya menerima permohonan E-KTP saja,” katanya.

Wali Kota Bogor, Bima Arya saat berkunjung ke Kantor Disdukcapil Kota Bogor beberapa waktu lalu.

Ia menjelaskan, pengambilan E-KTP bisa diambil selama 14 hari kerja setelah warga melakukan pendaftaran. Dan bagi warga yang E-KTPnya tidak bisa di cetak, bisa datang langsung ke kantor Disdukcapil dengan membawa surat keterangan dari kelurahan setempat yang menerangkan bahwa E-KTP bersangkutan belum dapat di cetak.

“Kami akan menyediakan loket khusus untuk memberikan penjelasan kepada warga terkait E-KTPnya yang belum dapat di cetak,” jelasnya.

Selain itu, ia meminta kepada pihak kecamatan agar mempersiapkan petugas khusus, serta menyiapkan tempat yang aman dan nyaman untuk layanan pendaftaran pencetakan E-KTP warga.

Sedangkan bagi warga yang ingin mendaftar pencetakan E-KTP di kantor kecamatan harus membawa persyaratan, seperti fotocopy Kartu Keluarga (KK) dan Surat Keterangan (Suket) dari kantor kelurahan setempat.

“Khusus bagi warga yang E-KTPnya hilang harus melampirkan surat keterangan hilang dari pihak kepolisian setempat. Dan bagi warga yang E-KTPnya rusak, maka E-KTP yang rusaknya harus dibawa,” ujarnya. (ADE)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *