Istura Berakhir, Ini Dua Insiden yang Dialami Disparbud Kota Bogor

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Istana Untuk Rakyat (Istura) memasuki hari terakhir. Kegiatan yang berlangsung selama lima hari itu, ternyata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor mengalami dua insiden tak mengenakan.

Hal itu diungkapkan Kepala Disparbud Kota Bogor, Shahlan Rasyidi. Menurutnya, insiden tak mengenakan itu terjadi di hari Selasa dan Rabu (11-12/9) kemarin.

Shahlan mengatakan, ketika Istura memasuki hari kedua, dia menemukan satu rombongan yang mengaku keluarga Istana masuk ke Istura tanpa tiket dari panitia.

“Hari Selasa, saya menemukan rombongan 18 orang dan mengaku dari keluarga istana yang kemudian masuk ke Istura tanpa tiket. Saya pun menegurnya, untuk mengingatkan mereka agar mengikuti tata tertib istura, tapi mereka tidak menggubrisnya,” kata Shahlan saat ditemuai di Balaikota Bogor, Jumat (14/9/2018).

Satu hari berselang, Shahlan kembali mendapatkan hal serupa, namun bukan dari keluarga Istana melainkan dari petugas kepolisian yang berada di penyebrangan orang menuju pintu masuk Istana.

“Kejadiannya, waktu itu ketika peserta hendak masuk ke Istana, tetapi ada petugas dari kepolisian yang menghambat dan saya pun menghampiri dan menegurnya, bahkan sempat berargumentasi (adu mulut) dengan petugas itu,” ungkapnya.

Namun, Shahlan tak menyebutkan siapa anggota tersebut. Dia hanya mengatakan, bahwa anggota yang berargumentasi dengan dirinya itu sebelumnya tidak ikut dalam rapat istura.

“Sebelumnya kita sudah melakukan rapat Istura dengan semua stackholder, termasuk dengan kepolisian dan saya sudah sampaikan semua peraturan Istura. Mungkin informasi itu tidak sampai ke anggota tersebut,” ujarnya.

Ia juga menyayangkan sikap anggota tersebut yang seharusnya membantu memperlancar kegiatan Istura, tetapi ini malah menghambatnya.

“Tapi, kejadiannya tidak lama dan kegiatan pun kembali normal. Jadi, secara umum kegiatan Istura berjalan lancar. Meski begitu, semua kejadian yang dialaminya akan menjadi bahan evaluasi kedepan,” pungkasnya.

Sebagai informasi, kegiatan Istura dimulai pada Senin hingga Jumat (10-14/9). Istura tahun ini terbilang sukses karena jumlah peserta melebihi target dari 25 ribu mencapai 48 ribu (data perhari Kamis).

Sejumlah pejabat mulai dari Wali Kota, Wakil Walikota dan Sekda Kota Bogor, hingga Presiden RI Joko Widodo turut menghadiri kegiatan tersebut. (Hrs/Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *