Kabid Pertamanan: DED Alun-Alun Kota Bogor dari Pemprov Jabar

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Kepala Bidang Pertamanan pada Dinas Perumkim Kota Bogor, Muhammad Hutri mengatakan, Detail Engineering Design (DED) untuk rencana pembangunan Alun-alun Kota Bogor itu akan dibuat oleh Pemerintah Propinsi Jawa Barat melalui proses lelang.

“Saat ini tahapannya sedang proses evaluasi di LPSE Jawa Barat, kalau tidak ada halangan dan sesuai rencana itu di akhir Juli akan ada pemenang seleksi untuk dilakukan proses perencanaan atau DED-nya. Setelah itu pelaksanaannya kurang lebih 120 hari kerja,” katanya kepada¬†Lensaonline.com,¬†Rabu (10/8/2019).

Setelah selesai DED-nya, kata Hutri, barulah mulai ke tahap berikutnya. Namun, untuk anggaran pembangunan fisik alun-alun tersebut dia tidak bisa menyampaikannya, sebab masih ada kemungkinan-kemungkinan apakah dari pusat atau propinsi atau juga dari pemerintah daerah Kota Bogor.

“Kalau anggaran pembangunan fisik, kami belum tahu, karena itu mungkin anggarannya bisa dari pusat atau propinsi atau juga daerah, yang pasti anggaran untuk perencaannya itu dari Pemprov Jabar kurang lebih Rp400 juta,” ujarnya.

Selain itu, Dia juga tak bisa menjelaskan secara rinci konsep alun-alun tersebut apakah ada bangunan-bangunan didalamnya atau juga yang lainnya, karena perencanaannya (DED) masih tahap lelang. Namun, secara umum alun-alun ini terintegrasi dengan Masjid Agung dan Stasiun Bogor.

“Kalau secara rinci kami belum tahu apakah didalamya itu ada ornamen bangunan atau yang lainnya. Tapi secara umum alun-alun ini terintegrasi dengan Masjid Agung dan Stasiun Bogor. Dan ini sifatnya terbuka, sehingga didalamnya ada taman, pedestrian, tempat berkumpul dan sebagainya,” katanya.

Kemudian, lanjut Hutri, karena ini konsepnya alun-alun maka bangunan-bangunan berbentuk topi (Taman Topi, red) beserta isinya semua akan diratakan, sehingga betul-betul baru dan tidak ada ornamen bangunan taman topi.

Reporter: Heri Supriatna
Editor: Ade Derry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *