KBM di SDN Bondongan Bogor Full Kurikulum 2013

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Kurang dari dua tahun lagi, semua sekolah dasar (SD) di Kota Bogor melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) dengan materi kurikulum 2013 atau biasa di sebut K-13.

Namun, bagi SDN Bondongan Bogor tak perlu menunggu tahun ajaran 2019-2020, karena tahun ini juga sekolah yang berlokasi di Jalan Bondongan Kecamatan Bogor Selatan Kota Bogor itu seluruhnya dari kelas I hingga VI sudah melaksanakan kurikulum 2013.

Kepala SDN Bondongan Bogor, Subadri mengatakan, program K-13 sudah ia terima dari 2016 lalu. Kemudian, pihaknya langsung mensosialisasikan kepada guru-guru dan siswanya di sekolah.

“Alhamdulillah, dengan berjalannya waktu guru-guru dan siswa di sini tertarik program K13, kemudian berlanjut sekarang ini bagi guru dan siswa yang berada di kelas III dan VI,” kata Subdri di ruang kerjanya, Rabu (3/10/18).

Kepala SDN Bondongan Bogor, Subadri

Ia menjelaskan, program K13 ini mekanisme pembelajarannya lebih menarik dibanding kurikulum sebelumnya. Sebab, kata dia, proses KBM-nya sekolah menyediakan proyektor atau infokus.

“Jadi, ketika guru menerangkan suatu materi pembelajaran, sekarang sudah dilengkapi proyektor, sehingga anak-anak lebih semangat dan lebih tertarik untuk belajar,” jelasnya.

Lebih lanjut dikatakan Subadri, pembelajaran K13 itu tidak harus menggunakan buku pelajaran yang ada tetapi bisa menggunakan buku lain, termasuk lingkungan sekolah pun bisa menjadi objek pembelajaran, salah satu contohnya pelajaran IPA.

“Jadi, K13 bisa belajar di lingkungan sekolah atau luar kelas, misalnya pelajaran IPA. Nah, anak-anak diberi tugas untuk mengenal lingkungan sekolah secara langsung, seperti pepohonan, bunga dan lain sebagainya,” lanjutnya.

Di sisi lain, Subadri yang juga menjabat Ketua K3SD Bogor Selatan itu menyebutkan, dari 48 sekolah SD di Bogor Selatan, 16 diantaranya sudah melaksanakan K13 dari tingkat kelas I hingga kelas IV, dengan rincian 13 sekolah negeri dan sisanya sekolah swasta.

“Tahun ajaran 2019-2020 nanti, seluruh SD di Bogor Selatan dipastikan melaksanakan K13 dan kami optimis, sebab kami sebagai pengurus organisasi bekerjasama dengan pengawas selalu memberikan pelatihan K13 kepada guru-guru,” ucap Subadri optimis. (Herry)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *