PDAM Tirta Pakuan Ajak Petugas Call Center ke Lokasi Pengolahan Air

LENSAONLINE.COM | BOGOR – PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor mengajak petugas call center ke lokasi pengolahan air bersih. Hal itu, agar petugas call center memiliki pemahaman menyeluruh jenis produk dari sebuah perusahaan.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor, Deni Surya Senjaya mengatakan, operator call center dituntut lebih profesional dalam melayani pelanggan dan lihai dalam menangani keluhan gangguan pelayanan.

“Layanan call center 24 jam PDAM Kota Bogor merupakan layanan pelanggan yang melayani berbagai informasi. Seperti informasi gangguan pengaliran, pasang baru, tagihan dan sebagainya,” kata Deni.

Ia menuturkan, bahwa kegiatan ini merupakan program Sub Departemen Humas PDAM Kota Bogor untuk memberikan pengetahuan tentang lokasi sumber-sumber air, instalasi pengolahan, laboratorum, dan sistem pengolahan air pada perusahaan air bersih milik Pemerintah Kota Bogor ini.

Adapun lokasi yang dikunjungi, antara lain Sumber Air Kota Batu di Desa Kota Batu Kecamatan Ciomas Kabupaten Bogor, IPA Cipaku dan Laboratorium di Kelurahan Cipaku Kecamatan Bogor Selatan, IPA Dekeng di Kelurahan Genteng Kecamatan Bogor Selatan dan SPAM Katulampa di Desa Cibanon Kecamatan Sukaraja Kabupaten Bogor.

Deni pun memberikan apresiasi terhadap kegiatan tersebut. Petugas call center, menurutnya harus memiliki pemahaman menyeluruh jenis produk dari sebuah perusahaan.

Sebab, hal itu penting saat menghadapi komplain atau pertanyaan dari pelanggan sehingga dapat menjawab pertanyaan atau masalah yang dihadapi customer dengan cepat dan lugas.

“Beberapa petugas (call center) saya lihat muka-muka baru. Saya setuju mereka diajak ke lokasi-lokasi sumber air dan (intake) Cipon agar lebih paham tentang air baku PDAM. Kenapa kalau keruh bisa terjadi gangguan, dan lain-lain,” ujarnya.

Deni meminta petugas call center bekerja lebih profesional karena tuntutan pelanggan terhadap pelayanan PDAM Kota Bogor sudah sangat tinggi.

“Ketika ada pelanggan yang komplain, dia (petugas) harus dapat menjelaskan secara gamblang. Singkat, padat dan jelas. Segera koordiasikan dengan pihak terkait jika ada laporan gangguan,” imbuhnya.

Sementara, Asisten manajer Humas PDAM Kota Bogor R. Poppi Rustanti menjelaskan, bahwa kunjungan lapangan ini merupakan program pembinaan PDAM bersama PT Personel Alih Daya (Persada) sebagai penyedia jasa Contact Center dan Resepsionis di PDAM.

“Pada prinsipnya, kami berkomitmen menghadirkan operator call center yang profesional dan handal, sehingga masyarakat dan pelanggan mendapatkan akses informasi yang mudah dan cepat tertangani,” ujar mantan Kepala Sub Bagian Hubungan Langganan PDAM Kota Bogor itu. (*)

Heri Supriatna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *