Pelaksanaan UKK dan PAT di SMKN 4 Bogor Berjalan Lancar

KOTA BOGOR, LENSAONLINE.COM – Suasana hening dan penuh ke khusyuan nampak jelas ketika ratusan siswa-siswi SMKN 4 Bogor mengikuti Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) dan Penilaian Akhir Tahun (PAT).

Waka Kurikulum SMKN 4 Bogor, Tri Wahyono menjelaskan, bahwa penyebutan ulangan tahun ini ada dua sebutan nama, yaitu Ulangan Kenaikan Kelas (UKK) untuk siswa kelas XI dan Penilaian Akhir Tahun (PAT) untuk kelas X. Namun, teknis pelaksanaan ulangan tetap sama, hanya nama pengambilan nilainya berbeda.

Hal itu, dikarenakan kurikulumnya berbeda dengan tata cara pembelajaran antara kurikulum 2006 dan 2013. Artinya, bagi siswa yang kini duduk di kelas XI masih menggunakan kurikulum 2006, sehingga istilahnya disebut dengan UKK. Sedangkan, kelas X menggunakan kurikulum 2013 dan namanya di sebut PAT.

“Perbedaan itu karena istilah kurikulumnya pun berbeda dan kita tinggal melaksanakan atau mengerjakan sesuai dengan kebijakan kurikulum 2006 dan 2013,” jelas Tri Wahyono kepada LensaOnline.com, disela kegiatan, Senin (21/5/2018).

Tri menambahkan, pelaksanaan ulangan ini pihak sekolah masih menerapkan dalam bentuk pilihan ganda dan uraian. “Untuk pilihan ganda, nanti hasilnya akan kita scan dan untuk uraian nanti akan di koreksi oleh guru mata pelajaran,” tambahnya.

Sementara Ketua Panitia UKK dan PAT SMKN 4 Bogor, Saefullah menuturkan, jumlah peserta yang mengikuti UKK dan PAT tersebut sebanyak 690 siswa. Dimana dalam perserta itu diantaranya 348 siswa untuk kelas X dan 342 orang untuk kelas XI.

“Kalau jumlah ruang, kita gunakan sebanyak 20 ruang kelas. Dimana setiap ruangan itu diisi 32 sampai 36 orang. Sedangkan setiap bangkunya diisi oleh siswa yang berbeda kelas. Jadi, satu bangkunya itu ada siswa kelas X dan kelas XI. Tujuannya, supaya para peserta ini dapat mengerjakan soal dengan jujur tanpa menyontek ke temannya,” pungkasnya.

LAPORAN: HERRY PRIATNA

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *