Pemenang Proyek RSUD Harus Berani Tandatangani Pakta Integritas

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Pembangunan gedung baru RSUD Kota Bogor oleh PT Trikencana Sakti Utama masih menjadi sorotan tajam.

Berbagai pihak meminta kepada Pemkot Bogor atau pengguna anggaran (PA) untuk segera membuat pakta integritas dengan pelaksana pembangunan dan menandatangani kesepakatan kalau pekerjaan bisa dilaksanakan selesai tepat waktu dan sesuai spek serta berkualitas.

Menyikapi hal itu, Sekda Kota Bogor Ade Syarip Hidayat menuturkan, pembuatan pakta integritas apabila diperlukan itu harus, mungkin sementara itu bukan bagian persyaratan, kan semua ada di ULP, persyaratan yang pasti sesuai peraturan, kalau itu merupakan pendukung tehadap apapun yang bisa membuat kinerja pihak ketiga menjadi baik, itu sangat setuju.

“Saya sangat setuju dibuat pakta integritas atau kesepakatan bersama komitmen dari pihak ketiga yang akan membangun RSUD. Tentu hal itu dilakukan agar tidak menjadi beban buat pengguna anggaran, apabila nanti semuanya tidak sesuai rencana dan harapan,” ucapnya, kemarin.

Lanjut Ade, apapun baik itu pakta integritas atau pun yang lainnya dalam rangka membuat jaminan yang sangat kuat bagi Pemkot Bogor sangat setuju. Memang waktu pekerjaan pembangunan terbilang sangat mepet, tetapi waktu 200 hari lebih itu merupakan penghitungan yang sudah melalui kajian dan pihak ketiga sanggup melaksanakannya.

“Soal harga yang lebih rendah dari pagu anggaran, itu tidak bermasalah karena sudah sesuai aturan. Tapi soal fakta integritas yaa harus dilakukan. Tetapi bukan kami yang melakukannya, karena kan disana ada PA (pengguna anggaran), PPK dan dia yang bertanggungjawab, dan aturan sesuai hasil lelang,” tegasnya.

Sekda juga menuturkan, semuanya mengawasi pekerjaan pembangunan RSUD itu, ketika ada yang tidak sesuai, maka akan ditegur dan diperingati. Harapan Pemkot Bogor bahwa pembangunan gedung baru RSUD itu dapat berjalan dengan baik dan menghasilkan pekerjaan berkualitas sesuai spek dan perencanannya.

“Kita harapkan semuanya agar pembangunannya berjalan lancar. Ini untuk kepentingan bersama dan untuk seluruh warga. Kita ingin RSUD ini terbaik melayani seluruh warga,” harapnya.

Herry

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *