PTSL 2019 Dimulai, Kepala BPN Kota Bogor Berharap Selesai Bulan September

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kota Bogor kembali melanjutkan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) di tahun 2019.

Dalam program lanjutan tersebut, BPN akan melaksanakan sebanyak 65 ribu bidang tanah di enam kecamatan, diantaranya Bogor Selatan, Bogor Timur, Bogor Tengah, Bogor Barat, Bogor Utara dan Tanah Sareal.

Kepala BPN Kota Bogor Ery Juliani Pasoreh mengatakan, bahwa PTSL ini sebelumnya sudah dilaksanakan pada tahun lalu dan tahun ini kembali dilanjutkan.

“Tahun lalu kami sudah melaksanakan 60 ribu bidang di dua kecamatan, yakni Bogor Selatan dan Bogor Barat, kemudian kita lanjut kembali tahun ini dengan target sebanyak 65 ribu bidang untuk enam kecamatan. Artinya, dari 65 ribu bidang itu ada sebagian dari Bogor Selatan dan Bogor Barat yang belum selesai, sehingga kita gabungkan,” kata Ery usai launching PTSL di wilayah Tegal Lega, Kota Bogor, Kamis (17/1/19) sore.

BACA: BPN Kota Bogor Targetkan 65 Ribu Tanah Tersertifikasi

Ery menuturkan, program di 2019 ini akan dimulai besok, sementara prosesnya sama seperti apa yang sudah dilakukan tahun lalu, diantaranya pengumpulan data yuridis dan pengukuran tanah.

“Setelah launching ini, kita akan melakukan rapat atau pertemuan dengan camat dan lurah di enam kecamatan untuk meminta masukan, apakah pelaksanaannya dilakukan pihak kelurahan atau pihak ketiga, seperti pengurus RT dan RW setempat. Sebab, jika ini dilakukan oleh kami sendiri tidak akan tercover, makanya kita akan rapatkan dulu,” ujarnya.

BACA: Enam Bulan Mengidap Flu Usus dan Tulang, Badan Dini Kurus Kelontang

Ery merinci dari 65 ribu bidang itu diantaranya sebanyak 10.450 bidang di Kecamatan Bogor Tengah, 9.350 bidang di Bogor Timur, 14.188 bidang di Bogor Utara, Tanah Sareal 19.109 bidang, Bogor Selatan 9.009 bidang dan Bogor Barat 2.850 bidang.

“Program ini tentu dibutuhkan dukungan dari semua pihak, terutama dari Pemerintanh Kota Bogor, dan alhamdulillah selama program ini berjalan Pak Walikota selalu mendukung dengan baik. Kami berharap PTSL tahun ini bisa selesai di bulan September mendatang,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, bahwa Pemerintah Daerah merupakan kepanjangan tangan dari program-progran pusat. Jadi, pihaknya mengaku siap membantu dan mendukung menyukseskan program PTSL ini.

“Saya minta program PTSL tahun ini lebih baik daripada tahun lalu, misalnya sosialisasi kepada masyarakat secara maksimal, tidak boleh ada pungutan liar,” pungkasnya.

Reporter: Heri Supriatna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *