Puluhan Anggota Pramuka Bogor Barat Turut Aksi Bebersih di Situ Gede

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Selain Wali Kota Bogor Bima Arya dan ratusan Aparatur Pemerintah Kota Bogor lainnya, aksi bersih-bersih di kawasan Situ Gede juga diikuti puluhan anggota pramuka yang tergabung di Kwartir Ranting (Kwarran) Pramuka Kecamatan Bogor Barat.

Dalam kegiatan tersebut, Kwarran Bogor Barat yang di pimpim langsung oleh Ketua Ikat Karmawan ini mengirimkan sebanyak 40 orang penegak dan 20 pembina pramuka. Puluhan anggota pramuka yang didominasi anak pelajar itu pun langsung terjun membersihkan sampah-sampah yang berada di sekitar Situ Gede.

Hebatnya lagi, para anggota pramuka ini membersihkan atau memungut sampah tanpa sarung tangan. Kemudian, sampah-sampah itu pun dimasukkan ke dalam karung yang sudah disediakan.

Ketua Kwarran Bogor Barat, Ikat Karmawan mengaku sangat senang, karena dalam aksi ini anak-anak pramuka di Bogor Barat bisa menjadi bagian sejarah dalam menjaga kelestarian alam Situ Gede.

Menurut Ikat, aksi bersih-bersih ini merupakan kegiatan yang sangat luar biasa, karena dengan aksi ini mencerminkan bahwa lingkungan yang ada di sekitar, khususnya di Situ Gede akan terjaga.

“Inii sangat luar biasa, karena lingkungan yang bersih akan mencerminkan bahwa kesehatan akan berada di sana, dan sebaliknya jika lingkungkangannya kotor maka di situ mungkin akan terjangkit penyakit. Jadi kami sangat mendukung dan siap menjadi bagian dalam aksi tersebut,” kata Ikat disela bersih-bersih di Situ Gede, Minggu (10/3/2019).

Ia menambahkan, sebetulnya dalam menjaga kelestarian Situ Gede ini sudah berjalan oleh pihak kelurahan setempat, hanya saja mungkin karena keterbatasan orang, sehingga dibutuhkan gerakan serentak dan bergotongroyong oleh semua pihak, termasuk teman-teman yang ada di pramuka.

“Dalam aksi ini kita berhasil mengumpulkan lebih dari 10 karung sampah. Kemudian sampah-sampah tersebut di angkut oleh Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Bogor menggunakan mobil sampah,” ujarnya.

Heri Supriatna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *