Sepak Bola Bogor Mulai Berbenah

 

Oleh : Abdul Manan, Mahasiswa Pendidikan Kepelatihan Olahraga-Universitas Negeri Yogyakarta.

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Siapa di Dunia ini yang tidak tahu sepak bola? Ya, semua orang pasti tahu. Olahraga paling populer sejagat raya ini selalu menghadirkan daya tarik tersendiri bagi para penikmatnya.

Sepak bola tidak hanya dinikmati beberapa kalangan saja, sepak bola tidak mengenal gender, sepak bola tidak pula melihat status sosial seseorang. Anak-anak sekalipun selalu kita jumpai di Stadion ketika menonton olahraga ini.

Berbicara mengenai sepak bola, kita tidak melulu hanya melihat atau suka dengan Liga-Liga top Eropa sana. Melainkan perlu juga untuk bangga mendukung tim-tim lokal di tanah kelahiran kita sendiri. Saya selalu ingat slogan supporter Indonesia, yaitu “Tim luar hiburan, Tim lokal harga diri”. Slogan ini menjadi gambaran bahwa sebetulnya para penikmat sepakbola di tanah air menjadikan tim lokal sebagai warisan dan tradisi dari Ayah-Ayah mereka bahkan Kakek-Buyut mereka.

Ketika berbicara tanah kelahiran, saya cukup bangga dengan apa yang sedang terjadi disini, di kota kelahiran saya, yaitu Kota dan Kabupaten Bogor. Sepakbola Bogor nampaknya mulai mengalami perkembangan yang cukup pesat.

Momentum ini dimulai ketika adanya event olahraga internasional tahun lalu, yaitu Asian Games. Keuntungan dari letak wilayah kota yang berdekatan dengan salah satu kota penyelenggara (Jakarta) menjadi salah satu faktornya. Kota dan Kabupaten Bogor dipercaya untuk menyediakan sarana dan fasilitas olahraga untuk event tersebut. Hal ini seakan-akan “menghidupkan” semangat Bogor untuk bangkit dari keterpurukan.

Saat itu mereka merombak total rumput Stadion Pajajaran untuk digunakan menjadi tempat latihan para kontingen tim sepakbola di Asian Games. Ya, memang hanya sekedar untuk tempat latihan. Namun, setidaknya kita patut bangga karena sudah mulai ada dampak baik dengan adanya fasilitas yang mumpuni di kota ini. Selain itu, Stadion kebanggaan masyarakat Kabupaten Bogor, Stadion Pakansari. Dipercaya menjadi venue pertandingan, bahkan di laga final.

Melihat saat ini sarana dan prasarana yang mulai berkembang pada cabang olahraga sepakbola di Kota dan Kabupaten Bogor, kita seakan mempunyai rasa optimis kembali bahwa Sepakbola Bogor akan lebih maju. Karena sarana dan prasarana merupakan bagian yang tak terpisahkan untuk mendukung dan terciptanya sepakbola yang maju itu sendiri.

Selain sarana dan prasarana yang mulai berkembang, kita kembali dijanjikan dengan kemajuan Sepakbola Bogor melalui program merger yang dilakukan oleh PS Tira dengan klub lokal Persikabo beberapa waktu lalu untuk mengarungi kompetisi Liga 1 2019. Merger adalah program kerja sama yang dilakukan dua klub atau lebih untuk melebur menjadi satu dengan tujuan mengincar dominasi, kekuatan daerah dan financial.

Menurut saya hal ini sangat baik dan saling menguntungkan kedua klub. PS Tira akan mendapatkan suntikan supporter yang militan dari kesebelasan Persikabo. Begitupun Persikabo yang beberapa pemainnya yang nanti dipertahankan oleh manajemen akan langsung bermain di kasta tertinggi Liga Indonesia, serta tentunya mendapatkan suntikan dana lebih, karena PS Tira sebagai peserta Liga 1 tentunya unggul dari segi finansial.

Dengan program ini setidaknya kita memiliki klub kebanggaan kota yang berkompetisi langsung di kasta tertinggi Liga Indonesia, yang secara langsung maupun tidak langsung akan berdampak baik pada persepakbolaan di kota ini.
Di sisi lain, Kota Bogor memiliki satu lagi tim profesional baru bernama Bogor FC yang secara resmi dibentuk pada 16 Desember 2017 lalu. Saat ini Bogor FC akan mengarungi kompetisi kasta kedua Liga Indonesia (Liga 2) dengan mempersiapkan tim secara serius dengan mendatangkan deretan pemain berkualitas. Saya berharap yang terbaik kepada Bogor FC dan Tira Persikabo untuk bisa berbicara banyak di kompetisi tahun ini.

Dengan adanya semangat positif untuk menuju ke arah yang lebih baik dari Sepakbola Bogor ini diharapkan membawa pengaruh yang signifikan dengan lahirnya bakat-bakat muda lokal di Bogor dan membawa pengaruh yang lebih baik pada sepakbola di tanah air. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *