Shahlan Rasyidi : Peserta Istura Tahun Ini Meningkat 100 Persen

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Bogor, Shahlan Rasyidi mengatakan, pelaksanaan Istana Untuk Rakyat (Istura) tahun ini teryata diluar dugaan, karena melebihi target yang sebelumnya hanya diprediksi sampai 25 ribu peserta.

“Tidak disangka, dari target 25 ribu ternyata yang daftar sudah mencapai 53.926 orang, belum lagi yang daftar langsung ke sini, kemungkinan bisa mencapai 60 ribu orang. Kalau dilihat, peserta Istura tahun ini meningkat 100 persen,” ujar Shahlan saat ditemui di Balaikota Bogor, Senin (10/9/2018).

Membludaknya para peserta ini, kata Shahlan, mencerminkan bahwa kegiatan Istura banyak diminati masyarakat, baik masyarakat dari Bogor atau pun dari luar, bahkan ada juga dari mancanegara seperti Australia, Uni Soviet, Arab Saudi, India, Kazakstan dan negara-negara lainnya.

“Berdasarkan catatan, ada sekitar 25 mahasiswa asing dari 25 negara yang ikut acara ini. Angka tersebut kemungkinan akan terus bertambah, karena kita masih membuka pendaftaran yang datang langsung ke lokasi. Jadi, mereka ini akan bertemu dulu dengan Pak Wakil Walikota dan dijadwalkan hari Rabu mendatang,” katanya.

Ia menjelaskan, bagi peserta yang mengikuti Istura tentu harus mengikuti persyaratan dan juga aturan yang berlaku, diantaranya peserta tidak boleh memakai sendal jepit, kaos oblong, celana jeans, kamera, handphone, tas besar dan perhiasan, seta tidak boleh membawa makanan dan minuman kedalam istana.

“Kegiatan ini akan berlangsung selama lima hari (Senin-Jumat, red), dimana setiap harinya ada sekitar 12.500 peserta yang masuk ke Istana dan Kebun Raya Bogor,” jelasnya.

Selain ke Istana, lanjut Shahlan, para peserta juga akan mengunjungi beberapa museum, yakni museum Zoologi, museum Nasional Sejarah Alam Indonesia, museum Peta, museum Tanah dan museum Perjuangan. (Hrs/Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *