Siswa-siswi SMKN 1 Bogor Dididik untuk Berkurban, Begini Prosesnya

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Ratusan siswa siswi SMKN 1 Bogor mengikuti proses penyembelihan dan pemotongan hewan kurban di sekolahnya yang berada di Jalan Helang, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor, Kamis (23/8/2018).

Penasehat Kegiatan Idul Adha, Dede Suryana mengatakan, kegiatan ini merupakan kegiatan siswa untuk memperingati Idul Adha yang selalu dilaksanakan setiap tahun. Tujuannya, untuk memberikan pembelajaran kepada siswa siswinya tentang bagaimana cara belajar ikhlas dan peduli untuk berbagi.

“Tahun ini kita berkurban 2 sapi dan 3 kambing, dimana satu hewan sapi itu berasal dari anak-anak. Sementara satu sapi dan 3 kambing dari guru-guru. Semuanya disembelih hari ini di sekolah,” kata Dede kepada LensaOnline.com, Kamis (23/8/2018).

Semangat: Siswa siswi SMKN 1 Bogor saat mengikuti proses pemotongan hewan kurban di sekolahnya, Kamis (23/8/2018).

Dede yang juga menjabat sebagai Waka Kesiswaan di SMKN 1 Bogor itu menambahkan, harga sapi yang di beli oleh anak-anak sekitar 20 jutaan, begitu juga guru-gurunya. Namun, perbedaannya kalau guru untuk tujuh orang dan siswa untuk semuanya.

Masih kata Dede, para siswanya itu bukan hanya menyumbangkan uangnya saja, tetapi mereka juga ikut membantu proses pemotongan hewan kurban, mulai dari sayatan daging dan kulitnya, menimbang hingga memasukan ke dalam kantong plastik.

“Jadi anak-anak bukan hanya menyaksikan saja, tapi mereka terjun langsung membantu dan kami menyiapkan 120 paket untuk dibagikan kepada warga yang ada di sekitar sekolah,” ujarnya.

Ia berharap, di momentum Idul Adha ini anak-anak terbiasa untuk menyumbangkan hartanya dalam berkurban. “Saya berharap, anak-anak kami kedepan terbiasa untuk berbagi dan menyisihkan hartanya untuk berkurban,” harapnya.

Laporan : Herry / Ade

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *