Tarif PDAM Naik, Ini Program yang Dilakukan PDAM Tirta Pakuan

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Tarif penyesuaian yang dilakukan PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor bukan berarti tanpa sebab. Kenaikan tarif tersebut, karena PDAM Tirta Pakuan akan melakukan sejumlah program dalam meningkatkan kepada pelanggan.

Direktur Utama PDAM Tirta Pakuan, Deni Surya Senjaya mengatakan, penyesuaian tarif itu akan dilakukan pada Oktober mendatang.

Menurut Deni, penyesuaian tarif itu karena setidaknya ada enam program yang akan dilakukan PDAM, tetapi untuk peningkatan pelayanan di bagian distribusi terdapat 8 program.

“Saat ini kita akan melakukan optimalisasi Instalasi Pengolahan Air (IPA) Dekeng 1 dan 2 yang berupa penambahan kapasitas. Selain itu, akan dilakukannya pemasangan pompa intake di Cipaku, supaya optimalisasi IPA dan intake Cipaku dapat berjalan optimal. Ini juga termasuk pembangunan Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Katulampa dengan kapasitas produksi 3.000 liter per detik,” kata Deni, Kamis (20/9/2018).

Tak hanya itu, lanjut Deni, PDAM juga akan memasang Automatic Screen Mate (ASM) di intake Ciherang Pondok dan pengadaan IPA portable di Kota Batu serta pembangunan SPAM Cikereteg dengan kapasitas 2.000 liter per detik.

“Pelayanan di bagian distribusi juga akan dilakukannya pemasangan koneksi pipa distribusi dari sumber mata air Bantar Kambing ke zona enam, pembentukan District Meter Area (DMA) dan pengadaan Local Reservoir termasuk pemasangan Tangki Hydrant Umum (TAHU), penggantian meter induk distribusi serta pemasangan PRV di lokasi-lokasi tertentu,” ujarnya.

Bukan itu saja, PDAM juga akan mengganti pipa AC sepanjang 100 km dari total 132 km dan sudah dilakukan penggantian sepanjang 32 km yang diharapkan kebutuhan kapasitas reservoir sesuai dengan jumlah pelanggan.

Deni menambahkan, penyesuaian tarif ini berdasarkan Permendagri Nomor 71 Tahun 2016 tentang Perhitungan Tarif Air PDAM dan Perda Kota Bogor Nomor 2 Tahun 2014 tentang Pelayanan Air Minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor Pasal 29 dan 30, serta Perwali Nomor 66 Tahun 2018 tentang Tarif Air Minum PDAM Tirta Pakuan Kota Bogor tertanggal 27 Agustus 2018 dengan nomor lembaran daerah Nomor 47 Seri E. (Herry/Ade)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *