Urai Kemacetan, Jalan Martadinata Dibangun Fly Over

LENSAONLINE.COM | BOGOR – Berawal dari curhatan Wali Kota Bogor Bima Arya kepada Presiden Joko Widodo soal kemacetan di Kota Bogor, akhirnya membuahkan hasil.

Pasalnya, dari curhatan itu Pemerintah Pusat akan membangunkan Fly Over (jalan layang) di Jalan R.E. Martadinata, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah, Kota Bogor.

Pembangunan jalan layang tersebut akan dimulai bulan ini juga oleh Kementerian PUPR menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) sebesar Rp 97 miliar.

Bima mengatakan, pembangunan fly over di Jalan RE Martadinata itu bertujuan untuk mengurai kemacetan yang sering terjadi di perlintasan kereta api.

“Awalnya, beliau (Jokowi) banyak bertanya soal permasalahan di Kota Bogor dan saya jawab adalah kemacetan di Martadinata. Kemudian, saya langsung disuruh berkordinasi dengan kementerian. Walaupun sempat tertunda, tapi alhamdulillah berjalan lancar,” kata Bima kepada wartawan di Balaikota Bogor, Kamis (1/11).

Foto (ist).
Perlintasan kereta api di Jalan RE Martadinata Kota Bogor.

Ia memaparkan, bahwa pembangunan fly over ini akan dikerjakan selama 420 hari oleh PT Brantas Abipraya (Persero). Selama pembangunan, kata Bima, pemkot dan kepolisian akan lakukan rekayasa lalu lintas.

“Pembangunannya ada tiga tahap dan selama tahapan itu ada 3 rakayasa lalu lintas (lalin), yaitu rekayasa lalin sampai Desember kendaraan masih bisa melintasi Jalan RE Martadinata. Kemudian, di Januari sampai pertengahan Mei 2019 melalui jalur Frontage Road yaitu jalur yang dibangun oleh pengembang di samping pembangunan Fly Over. Terakhir, dipertengahan Mei sampai September 2019 akan diberlakukan sistem buka tutup jalur,” paparnya.

Bima menambahkan, selain Jalan RE Martadinata, ada dua jalan yang juga sering macet yaitu Jalan M.A. Salmun dan Kebon Pedes. “Kedua jalan itu juga akan segera dibangun, namun untuk waktunya belum bisa disampaikan,” pungkasnya.

Reporter : Heri Supriatna

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *